rumus kubus

Mengenal Kubus Secara Lengkap dari Sifat, Ciri, Hingga Rumusnya

Secara sederhana kubus ini merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh 6 sisi yang ukurannya sama, memiliki 8 titik sudut, dan 12 rusuk yang panjangnya sama. salah satu benda yang bentuknya kubus adalah rubik.

Dalam hidup kita sehari- hari mungkin Anda ini telah menemukan atau mempunya benda yang bentuknya kubus misalnya sebuah ruangan atau dadu. Untuk dadu pastinya benda ini bisa Anda temukan saat Anda bermain monopoli atau bermain ular tangga. Kubus ini merupakan benda yang di kita pelajari si sekolah maka dari itu kita ini harus benar- benar faham mengenai bangun ruang yang satu ini.

 

Unsur Pembentuk Kubus

Jika Anda sudah sekilas mengetahui pengertian dari kubus, sebelum lebih jauh lagi kita bahas mengenai rumusnya yuk kita lihat dulu unsur apa saja yang menjadi pembentuk untuk kubus.

Kubus ini terbentuk olehh titik sudut, sisi, rusuk, dan juga diagonal. Secara garis besar untuk unsur pembentuknya ada 4, yuk kita bahas lebih detail:

  • Sisi ini merupakan sebuah bidang yang membatasi kubus, untuk masing- masing sisinya ada 6 buah sisi yang punya bentuk persegi.
  • Rusuk yang dimiliki oleh kubus ini merupakan garis potong dari dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti sebuah kerangka yang menyusun kubus.
  • Titik sudut ini merupakan titik potong dari dua rusuk kubus yaitu ABCD dan EFGH yang punya 8 titik sudut yaitu ada ,B,C,D,E,F,G, dan H
  • Untuk sebuah kubus paling tidak terdapat tiga diagonal, yaitu bidang diagonal, diagonal ruang, dan diagonal bidang.

 

Ciri-ciri Kubus

Sama seperti manusia yang memiliki karakter dan difatnya masing- masing, hal ini juga berlaku untuk kubus. Supaya lebih mudah untuk dipahami yuk kita perhatikan pembahasan dibawah ini mengenai ciri-ciri dari kubus.

  • Punya 6 sisi yang panhangnya sama besar untuk semua sisinya, jika dilambangkan sisi untuk kubus ini ada ABCD, BFGC, EFGH, AEHD.
  • Seriat sisi yang ada bentuknya persegi
  • Punya 12 rusuk yang masing- masing rusuk punya panjang yang sama. rusuk yang dimiliki oleh kubus ini AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, DH, AE, BF, dan CG.
  • Terdapat 8 titik sudut, titik tersebut ada , B, C, D, E, F, G, H
  • Terdapat 12 sisi diagonal yang memiliki ukuran sama panjang
  • Memiliki 4 diagonal yang memiliki ruang sama panjang

 

Rumus Luas Kubus

            Seperti yang telah di jelaskan oleh Eric Wolfgang Weinstein dalam Math World. Luas untuk permukaan ini memiliki satuan jarak kuadrat. Rumus ini paling sering digunakan saat kita ingin mengecat tembol rumah guna mengetahui berapa banyak cat yang kita butuhkan. Maka dari itu rumusnya ini adalah

L = 6.s2

Keterangan:

L = Luas permukaan

( ); s = panjang rusuknya (m).

 

Untuk rumus yang ada di atas ini memang tidak harus Anda hafalkan yang paling penting Anda ini bisa mengerti mengenai konsep dari kubus. Dari ciri- ciri yang sebelumnya sudah disebutkan maka bisa disimpulkan jika kubus ini terbuat dari 6 persegi ynag telah disusun menjadi bangun ruang. Maka dari itu luas permukaannya ini secara sederhana bisa di bilang 6 x luas persegi.

Nah mungkin itu saja pembahasan kita untuk kubus pada artikel ini, semoga informasinya bisa bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.