Crowdfunding

Apa Itu Crowdfunding? Bagaimana Perkembangan Serta Keberadaanya di Indonesia

Beragam cara telah dilakukan untuk dapat memiliki biaya modal pertama, bagi pengusaha yang sedang merintis usaha atau bisnisnya. Dengan hadirnya crowdfunding yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, para pengusaha pun diharapkan dapat dengan mudah mendapatkan bantuan modal dari pihak penyedia dana tersebut. Lalu bagaimana keberadaan serta perkembangan platform crowdfunding Indonesia yang mempermudah akses bagi para pengusaha?

 

Apa Itu Crowdfunding? Bagaimana Perkembangan Serta Keberadaanya di Indonesia

 

1. Pengertian crowdfunding

Untuk pengertiannya sendiri, crowdfunding adalah sebuah wadah bagi beberapa orang untuk membantu pengusaha dengan memberi pinjaman sebuah modal. Dengan demikian, sebuah wadah penyediaan dana modal tersebut memiliki jumlah anggota yang dapat dikatakan cukup banyak.

Pada kegiatan ini seluruh investor dan pemilik bisnis tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni dapat berhasil dalam pencapaian sebuah equity crowdfunding Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa sistem pengoperasian yang akan diambil dari kegiatan tersebut. Yang pertama ada sistem donasi, kemudian saham bisnis dengan pengembalian dana kepada penyedia sebelumnya.

 

2.Perkembangannya di Indonesia

Mungkin masih banyak yang bertanya tentang “Apa itu crowdfunding, sejak kapan ada di Indonesia?” Tercatat dalam sejarahnya bahwa sistem penyediaan dana ini sudah ada sejak tahun 2009, dan pada saat itu juga perkembangannya terbilang cukup pesat. Yang awalnya sistem pendanaan dilakukan dengan cara peminjaman kemudian dikembalikan, namun seiring berkembangnya waktu muncul sebuah sistem donasi.

 

3.Proses pengajuan dana

Untuk dapat mencapai equity crowdfunding, pemberi modal usaha harus lebih selektif untuk memilih para pelaku pengusaha yang mengajukan proposal. Demikian juga dengan pengusaha yang telah mengajukan banding kepada penyedia crowdfunding ini, harus bisa menarik perhatian dari para pemberi dana modal tersebut.

 

4.Media digital yang digunakan

Platform crowdfunding Indonesia menjadi sebuah media yang bisa dengan mudah ditemukan oleh para pengusaha yang akan mencari sebuah bantuan untuk penambahan modal. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, maka akan semakin memudahkan bagi pelaku pengusaha maupun pemilik bisnis crowdfunding itu sendiri.

Website yang telah dibuat oleh penyedia modal usaha sebelumnya, digunakan untuk mengenalkan serta menjadi media untuk mengumpulkan beberapa persyaratan dari para pengusaha tersebut. Para pengusaha yang sedang mencari tambahan dana untuk modal di daerah terpencil pun masih cukup mudah untuk menjangkaunya.

Pertanyaan mengenai apa itu crowdfunding dan bagaimana keberadaan serta perkembangannya di Indonesia, dapat terjawab dengan penjelasan yang telah di sebutkan di atas. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi situs amartha.com yang sudah berdiri sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Dari Amartha ini, sudah banyak pengusaha mikro di daerah terpencil yang merasa terbantu dengan adanya penyediaan dana modal usaha dari pihak crowdfunding tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.