8 Tips Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Kepala rasanya sakit, gusi pula berdenyut- denyut, serta mulut terasa sakit menunjukkan kalau anda sakit gigi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh banyak hal yang tentunya tidak jauh karena kebersihan dan pola makan. Namun tidak begitu mudah untuk ke dokter gigi saat anda mengalami sakit gigi di malam hari. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini.

Berkumur Dengan Air Garam

Bila sakit gigi terjadi di malam hari sedangkan anda tidak bisa segera menemui dokter gigi, salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan ialah berkumur dengan air garam hangat. Kombinasi yang bagus yaitu 1 atau 2 sendok teh garam dapur dengan 250 ml air. Buang air sehabis berkumur, janganlah menelannya. Anda juga dapat melakukan flossing pada gigi yang sakit dengan perlahan untuk menghilangkan sisa makanan yang ada.

Obat Penghilang Rasa Sakit

Dokter gigi menganjurkan asetaminofen untuk kanak- kanak. Bagi orang yang sudah berusia dewasa dapat menggunakan obat- obatan yang dijual leluasa, semacam ibuprofen. Bila anda memilih aspirin, imbangi dengan minum air putih yang cukup.

Kompres Dingin

Bila pipi anda bengkak, letakkan beberapa es yang sudah di bungkus dengan handuk pada pipi anda. Hal ini dapat mengurangi bengkak pada gigi anda. Pembengkakan juga dapat disebabkan oleh bengkaknya gusi dikarenakan panas dalam. Ini bisa menyebabkan peradangan serius pada rahang serta gigi yang lain. Tanda- tandanya biasanya diawali dengan gusi berwarna merah dan sensitif akan rasa panas dan dingin.

Anestesi

Olesan anestesi ini dapat meredakan gusi bengkak jika digunakan saat gusi meradang. Anestesi memiliki kandungan benzocaine, semacam zat kimia aktif yang akan meredakan rasa sakit pada area mulut anda. Ketika gusi bengkak dan peradangan telah usai, sebaiknya tidak menggunakannya lagi.

Es

Taruh sedikit es di tangan anda, di bagian badan yang serupa dengan gigi anda yang sakit. Gesekkan es di antara bunda jemari serta jemari telunjuk anda selama 7 menit, ataupun hingga mati rasa. Kenapa cara ini dapat berhasil? Para peneliti meyakini bahwa es dapat menyudahi rasa sakit atau rasa nyeri.

Minyak cengkeh

Obat alami yang satu ini bisa mengurangi rasa sakit. Sikat langsung pada area gigi yang sakit, ataupun rendam beberapa kapas serta balurkan pada gigi serta gusi. Ini bisa jadi sama efektifnya dengan benzocaine, dan juga anestesi dalam gel sakit gigi yang dijual bebas di apotek.

Bawang putih

Ketika anda menggunakan bawang putih untuk mengatasi sakit gigi, anda akan merasa lebih mendingan. Anda dapat mengunyah beberapa bawang putih, ataupun menaruh bagian bawang pada gigi anda. Memang terasa aneh, namun hal ini akan membuat anda merasa lebih baik.

Sikat Gigi

Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi ialah menyikat gigi. Sakit gigi yang anda rasakan dapat berasal dari kuman yang bersarang pada gigi yang disebabkan karena jarang sikat gigi. Saat gigi anda merasa nyeri, sebaiknya segera sikat gigi anda agar gigi menjadi bersih.

Uraian mengenai cara atasi sakit gigi di atas dapat anda coba di rumah, karena bahan dan juga alat yang dibutuhkan sudah tersedia. Jika dalam 3 hari gigi anda masih terasa sakit sebaiknya anda priksa ke dokter gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *