batik solo

4 Keunikan Batik Solo, Orang Indonesia Harus Tahu!

Batik merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia, salah satu batik yang terkenal adalah batik solo, batik  ini merupakan batik yang memiliki ciri khas terunik, tidak heran jika orang sangat menyukai batik ini, berikut adalah beberapa keunikan batik yang berasal dari Solo ini agar Anda tak lagi penasaran,

1.     Memiliki Motif yang Berukuran Kecil

Keunikan yang pertama adalah motif batik solo memiliki ukuran yang kecil, bila diperhatikan dengan teliti, Anda pasti akan menyadarinya. Dibandingkan dengan batik lainnya seperti batik yang berasal dari Yogyakarta atau Madura, batik ini tentu saja memiliki ukuran yang lebih kecil, batik yang memiliki keunikan ini adalah batik solo Truntum.

2.     Pola Geometris

Keunikan selanjutnya yang dimiliki batik ini adalah polanya yang geometris, hal ini membuat batik ini berbeda dengan batik lainnya sehingga cukup menarik perhatian peminatnya, batik yang bisa Anda dapatkan untuk pola geometris adalah Sidoasih, Sidoluhur, serta Sidomukti.

3.     Memiliki Kisah Sejarah Dibaliknya

Beberapa batik yang berasal dari Solo tentu saja memiliki kisah sejarahnya tersendiri, salah satu kisah sejarahnya adalah ketika di zaman dahulu ada seorang ratu yang menciptakan motif batik batik untuk pertama kalinya berbentuk bintang dan berukuran kecil, dari motif ini sang ratu akhirnya berhasil menarik perhatian raja, raja pun melihat proses membuatnya dan mengembangkannya menjadi seni.

4.     Memiliki berbagai Macam Motif

Salah satu motif batik yang asalnya dari Solo ini bernama motif parang, motif ini merupakan motif yang paling tua yang ada di Indonesia. Kata parang sendiri artinya adalah lereng, jadi motif ini menggambarkan garis yang menurun dari posisi yang lebih tinggi ke posisi rendah secara diagonal.

Motif parang ini cenderung melambangkan susunan motif S yang tidak terputus, maknanya adalah sebuha nasihat kepada manusia untuk tidak menyerah, harus memiliki tekad yang keras seperting batu karang, dan memperlihatkan seemangat yang berapi-api.

Motif selanjutnya yang tak kalah terkenal dan menarik perhatian adalah motif sawat, arti kata sawat adalah sayap, bisa juga diartikan sebagai nafsu. Sebagian besar orang menganggap motif yang satu ini adalah motif yang sakral dan hanya untuk raja beserta keluarganya. Ciri khas motif ini adalah bentuk motif yang seperti sayap dengan pola yang sama.

Hingga saat ini motif sawat dapat digunakan untuk posesi pernikahan yang digunakan untuk pengantin yang dipercaya akan membuat kehidupan mempelai pengantin akan lebih baik dan berjalan selamanya.

Demikianlah beberapa keunikan batik yang berasal dari Solo, Jika Anda tertarik dengan artikel fashion & beauty lainnya, Anda bisa dengan mudah mengaksesnya di Orami, di sana Anda dapat menemukan berbagai artikel yang Anda sukai atau yang Anda butuhkan, ini tentu akan membantu memudahkan Ana menemukan artikel yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.